Indonesia. Inilah Negeriku Dengan Sejuta Keindahan Didalamnya, Keindahan Akan Ragam Budaya Dan Alamnya Yang Tak Akan Pernah Ada Habisnya Untuk Dijelajahi. Disini Kamu Akan Menemukan Beberapa Keindahan Dari Indonesia Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui Dan Menunggu Untuk Dijelajah !!!

Minggu, 06 Maret 2016

Wisata Budaya - Suku Baduy

Wisata Kampung Suku Baduy Banten. Indonesia merupakan negara yang kaya dengan sumber daya alam dan budaya. Berbagai macam suku dan budaya serta dengan kekayaan alamnya hidup berdampingan di Indonesia. Tak jarang kekayaan budaya dan alam di suatu daerah menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk mengunjunginya.

Provinsi Banten terkenal dengan banyaknya objek wisata. Mulai dari wisata alam hingga wisata religi ada di provinsi ini. Berbicara tentang kekayaan budaya, provinsi ini pun tidak kalah kekayaan budayanya.

Mungkin kalian sering mendengar suku Baduy. Sebuah suku yang hidup di pedalaman Banten. Suku Baduy merupakan suku yang hidup secara terisolir dari dunia luar. Mereka hidup secara sederhana dan menyatu dengan alam. Alam yang masih alami dan budaya yang ditawarkan oleh kampung suku Baduy menjadi daya tarik wisata tersendiri bagi daerah ini.

Kampung wisata suku Baduy terletak di desa Cibeo kabupaten Lebak. Sekitar 40 Km dari Rangkasbitung. Wisata kampung suku Baduy merupakan wisata alam sekaligus wisata budaya. Dimana kalian dapat menikmati alamnya yang masih asri serta mengenal lebih jauh budaya suku Baduy yang terlihat masih tradisional sekali. Suku Baduy sendiri terdiri dari 2 macam. Yaitu suku Baduy luar dan suku Baduy dalam.

Secara penampilan, suku Baduy dalam memakai baju dan ikat kepala serba putih. Sedangkan suku Baduy luar memakai pakaian hitam dan ikat kepala berwarna biru. Secara budaya, suku Baduy dalam lebih teguh memegang adat istiadat suku mereka, sedangkan Baduy luar sudah mulai terpengaruh dengan budaya dari luar. Persamaan dari keduanya, mereka pantang untuk menggunakan alas kaki, teknologi modern dan transportasi modern. 

Salah satu daya tarik berwisata di kampung suku Baduy adalah kealamian alam tempat mereka tinggal. Suku Baduy dapat tinggal tanpa intervensi dari dunia luar, tanpa campur tangan dunia luar yang dapat merugikan mereka.

Perjalanan dimulai dengan berjalan kaki tanpa kendaraan. Sangat dianjurkan untuk menggunakan jasa pemandu wisata. Karena pada perkampungan baduy terdapat adat istiadat dan pantangan yang harus dipatuhi oleh semua yang berada di dalamnya termasuk pengunjung. Ketika baru memulai perjalanan, kalian akan melihat rumah-rumah suku baduy luar dan bila beruntung kalian dapat berfoto bersama mereka.

Lanjut berjalan lagi kalian akan menemui jalur yang sedikit berbatu dan naik turun. Anda juga akan melewati banyak sungai kecil dan lumbung milik suku Baduy. Rumah rumah di perkampungan Baduy masih terbuat dari bambu dan ijuk serta semuanya menghadap ke arah yang sama. Sebelum masuk ke perkampungan Baduy Dalam kalian akan melewati sebuah jembatan kayu yang tidak terlalu lebar.

Wilayah Baduy Dalam masih sangat alami dan lebih sepi dibandingkan wilayah Baduy Luar. Di wilayah ini kalian akan di manjakan dengan pemandangan perbukitan yang masih hijau dan sungai yang masih jernih.

Anda akan terkagum-kagum dengan bagaimana cara suku Baduy bisa hidup menyatu dengan alam dan menjaganya agar tidak rusak. Di akhir perjalanan, kalian akan menginap di rumah suku Baduy Dalam.
Bawalah makanan untuk dimasak disana. Disini kalian tidak diperkenankan untuk menggunakan teknologi modern juga tidak boleh menggunakan bahan-bahan kimia untuk membersihkan diri. Anda akan benar-benar hidup dengan alam.

Untuk mencapai kampung suku Baduy, kalian harus menuju Rangkasbitung terlebih dahulu. Untuk menuju Rangkasbitung kalian dapatmenggunakan kendaraan umum seperti kereta atau bis. kalian juga dapat menggunakan kendaraan pribadi. Setelah sampai di Rangkasbitung, kalian harus melanjutkan perjalanan menuju Ciboleger.

Sesampainya di Ciboleger, kalian harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Semua kendaraan diharuskan untuk ditinggal. Wisata ke kampung suku Baduy ini sangat cocok untuk kalian yang menginginkan wisata alam dan budaya suku pedalaman namun mengeluarkan biaya yang murah dan jarak yang relatif dekat.


Sebelum Mulai Bepergian, Baca Nih Penting !!!:
# Pastikan Kalian Sudah Mengetahui Update Terbaru Dari Lokasi Tujuan Kalian Misalnya:
* Kondisi Terbaru Dari Area Wisata Dan Jalan Yang Akan Kalian Tempuh
* Perkiraan Cuaca Yang Akan Terjadi Selama DiPerjalanan Dan DiArea Wisata
* Berhati - hatilah Kepada Calo" Di Area Wisata Kalian
* Pastikan Kalian Sudah Memiliki Perhitungan Uang Yang Akan Kalian Keluarkan Selama Kalian Berwisata

# Pastikan Juga Segala Kondisi Fisik Baik Itu Fisik Tubuh Kalian Ataupun Fisik Kendaraan Kalian:
* Jangan Pernah Berkendara Dalam Keadaan Bermain HP Ataupun Mengantuk (Bagi Pengendara/Pengemudi)
* Selalu Cek Keadaan Kendaraan Anda Sebelum Berangkat Pastikan Semua Dalam Keadaan Layak Berangkat
* Dan Yang Terpenting Selalu Berdoa Sebelum Memulai Keberangkatan Kalian

Satu Lagi Nih Yang Penting Harus Selalu Dilakuin !!!:
Selalu Jadilah Traveler Yang Baik, Yang Mengerti Tentang Tata Krama, Mengerti Tentang Menjaga Kebersihan. Bukan Yang Cuma Bisa Dateng Mengagumi Suatu Keindahan Terus Pulang Gitu Aja Tanpa Melihat Sekeliling Apakah Ada Sesuatu Yang Kalian Rusak Atau Sampah Yang Kalian Buang Sembarangan Secara Tidak Sadar. Sekali Lagi Jadilah "TRAVELER YANG BAIK"

Sumber Artikel: 1. bantenwisata

0 komentar:

Posting Komentar