Indonesia. Inilah Negeriku Dengan Sejuta Keindahan Didalamnya, Keindahan Akan Ragam Budaya Dan Alamnya Yang Tak Akan Pernah Ada Habisnya Untuk Dijelajahi. Disini Kamu Akan Menemukan Beberapa Keindahan Dari Indonesia Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui Dan Menunggu Untuk Dijelajah !!!

Sabtu, 12 Maret 2016

Air Terjun Moramo - Sulawesi Tenggara

Inilah salah satu air terjun terindah di Indonesia yang berlokasi di Kawasan Suaka Alam Tanjung Peropa, Desa Sumber Sari, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe atau sekira 60 km dari Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Sebuah kreasi alam yang unik dan spektakuler dimana terbentuk secara alami selama ribuan tahun. Menyejukan mata Anda memandang air meluncur deras pada batu granit besar bersusun dengan ketinggian berkisar antara 0,5 hingga 3 meter. Orang Konawe yang menjadi warga setempat percaya legenda bahwa bidadari kerap turun dari langit untuk mandi di tempat ini.


Pesona alam Air Terjun Moramo kadang dibonusi dengan pancaran pelangi yang menari-nari berbenturan dengan buih air terjun yang mengalir. Memandangnya sungguh menakjubkan dan menyegarkan pikiran.


Memiliki luas 38.937 Ha, air terjun Moramo dinaungi panorama alam yang menghijau dengan kicauan burung saling bersahutan serta ragam fauna seperti aneka burung, kupu-kupu, dan berbagai satwa endemik Sulawesi seperti seperti monyet hitam dan anoa.

Keunikan Air Terjun Moramo adalah bentuknya yang bertingkat-tingkat menjatuhkan air jernih dengan suara teduh dari ketinggian 100 meter. Jumlah undakan air terjunnya lebih dari 7 buah dan 60 undakan kecil yang beberapa diantaranya berupa kolam kecil yang dapat dimanfaatkan untuk pemandian ataupun berenang.

Air Terjun Moramo memiliki keunikan lain yaitu merupakan daerah batuan kapur yang menyebabkan dinding-dindingnya tidak licin untuk dipanjat pengunjung. Air Terjun Moramo sendiri berasal dari Sungai Biskori yang berhulu di Pegunungan Tambolosu dan dimanfaatkan masyarakat untuk pengairan sawah mereka. Masyarakatnya sendiri ada yang merupakan warga transmigrasi dari Jawa dan Bali. Di sudut-sudut sawah akan Anda temui sanggah, yaitu tugu tempat sajen orang Hindu-Bali.

Air Terjun Moramo ditemukan warga transmigran asal Jawa sekitar tahun 1980 saat membuka hutan untuk memasang jerat anoa. Berikutnya dibuat jalan ke lokasi tahun 1989 dan tahun 1990 mulai dibuka sebagai tujuan wisata.

Kawasan Suaka Alam Tanjung Peropa yang menjadi tempat Air Terjun Morami memiliki kandungan marmer (onyx) terbesar di dunia. Diperkirakan ada sekira 860 miliar meter kubik marmer tersimpan di sini dan menjadi salah satu sumber cadangan marmer terbesar yang pernah ada di Indonesia.

Sedikit TIPS:
# Anda disarankan membawa makanan dan kudapan sendiri karena tidak ada penjual di area utama air terjun Moramo.

# Anda dihimbau untuk menjaga kebersihan lingkungan air terjun Moramo karena air yang mengalir tersebut berfungsi untuk mengairi sawah masyarakat sekitar. Sampah bungkus atau sisa makanan harap dibuang di tempat sampah yang tersedia. Bila belum menemukan tempat sampah maka bawalah kantong plastik cadangan yang dapat digunakan sebagai wadah sementara hingga Anda menemukannya.

Perkiraan Akomodasi:
Anda dapat memilih akomodasi terbaik di kota Kendari berikut ini dimana beberapa diantaranya dapat memandu Anda ke lokasi Air Terjun Moramo.

# Putri Wisata HotelJl. MT Haryono No. 104 Kendari
# Hotel AthayaJl. Syech Yusuf No. 100 KendariTelp (0401)331033
# Hotel AdenJl. A Yani 54 Kendari 93117
# Hotel Garden Palace KendariJl. H. Abdul Silondai No. 1 KendariTelp +62 815 24 757558
# D’Morens Hotel KendariJl Made Sabara 3 Kendari Telp (0401) 3131345

Daftar Yang Kami Sediakan Bukan Berarti Mutlak Harus Kalian Ikuti, Jika Kalian Memiliki Pilihan Lain Yang Lebih Baik Untuk Masalah Penginapan Atau Pengeluaran Yang Akan Kalian Keluarkan Nanti Kenapa Harus Bingung ..

Sebelum Mulai Bepergian, Baca Nih Penting !!!:
# Pastikan Kalian Sudah Mengetahui Update Terbaru Dari Lokasi Tujuan Kalian Misalnya:
* Kondisi Terbaru Dari Area Wisata, Harga Penginapan Dan Jalan Yang Akan Kalian Tempuh
* Perkiraan Cuaca Yang Akan Terjadi Selama DiPerjalanan Dan DiArea Wisata
* Berhati - hatilah Kepada Calo" Di Area Wisata Kalian
* Pastikan Kalian Sudah Memiliki Perhitungan Uang Yang Akan Kalian Keluarkan Selama Kalian Berwisata

# Pastikan Juga Segala Kondisi Fisik Baik Itu Fisik Tubuh Kalian Ataupun Fisik Kendaraan Kalian:
* Jangan Pernah Berkendara Dalam Keadaan Bermain HP Ataupun Mengantuk (Bagi Pengendara/Pengemudi)
* Selalu Cek Keadaan Kendaraan Anda Sebelum Berangkat Pastikan Semua Dalam Keadaan Layak Berangkat
* Dan Yang Terpenting Selalu Berdoa Sebelum Memulai Keberangkatan Kalian

Satu Lagi Nih Yang Penting Harus Selalu Dilakuin !!!:
Selalu Jadilah Traveler Yang Baik, Yang Mengerti Tentang Tata Krama, Mengerti Tentang Menjaga Kebersihan. Bukan Yang Cuma Bisa Dateng Mengagumi Suatu Keindahan Terus Pulang Gitu Aja Tanpa Melihat Sekeliling Apakah Ada Sesuatu Yang Kalian Rusak Atau Sampah Yang Kalian Buang Sembarangan Secara Tidak Sadar. Sekali Lagi Jadilah "TRAVELER YANG BAIK"

SumberArtikel: WonderfulIndonesia

0 komentar:

Posting Komentar