Indonesia. Inilah Negeriku Dengan Sejuta Keindahan Didalamnya, Keindahan Akan Ragam Budaya Dan Alamnya Yang Tak Akan Pernah Ada Habisnya Untuk Dijelajahi. Disini Kamu Akan Menemukan Beberapa Keindahan Dari Indonesia Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui Dan Menunggu Untuk Dijelajah !!!

Sabtu, 12 Maret 2016

Taman Nasional Bunaken - Sulawesi Utara

Pernahkah Anda membayangkan menjadi putri duyung? Berenang bersama penghuni laut, bergerak mengikuti irama ombak? Di Taman Nasional Bunaken Anda akan menemukan “putri duyung” yang sebenarnya sekaligus melihat kekayaan laut Indonesia. 

Bunaken merupakan taman laut pertama di Indonesia. Lokasinya berada di Teluk Manado, tepatnya di utara Pulau Sulawesi dan secara administratif bagian dari Kota Manado. Resmi didirikan pada 1991, Taman dengan laut sekira 8,08 km² ini adalah bagian dari Taman Nasional termasuk laut sekitar Pulau Manado Tua yaitu Siladen dan Mantehage.

Bagi Anda yang menyukai diving maka tempat ini merupakan tempat yang menakjubkan karena di sana dapat melihat berbagai kehidupan laut yang menakjubkan penuh warna-warni. Terdapat sekitar 20 titik penyelaman, dimana Anda akan mendapat kesempatan berenang di bawah laut dengan beragam biota laut yang menakjubkan.

Perairan Laut Bunaken memungkinkan orang dapat dengan jelas melihat berbagai biota laut. Ada 390 spesies terumbu karang yang didominasi oleh bebatuan laut, juga bermacam spesies alga seperti Caulaerpa, Halimeda, Padina, serta rumput laut antara lain Thalassia hemprichii, Enhallus acoroides dan Thalassaodendron ciliatum. Pemandangan yang paling menarik adalah terumbu karang terjal vertikal yang menjulang ke bawah sedalam 25-50 meter.

Taman Nasional Bunaken juga memiliki berbagai jenis ikan, mamalia laut, reptil, burung, moluska dan mangrove. Di daratan terdapat sagu, woka, silar dan kelapa. Penduduk di sekitar wilayah ini berjumlah kurang lebih 35.000 jiwa, kebanyakan dari mereka bekerja sebagai nelayan atau petani kelapa, ubi jalar, pisang, dan rumput laut untuk diekspor. Sementara lainnya bekerja di cottage dan nahkoda kapal.

Manjakan mata Anda dengan 91 jenis ikan yang ada di Taman Nasional Bunaken, diantaranya merupakan ikan kuda gusimi lokal (Hippocampus), koi putih (Seriola rivoliana), lolosi ekor kuning (Lutjanus kasmira), goropa (Spilotocepsep hinephelus dan Hypselosoma pseudanthias), nila gasi (Scolopsis bilineatus), dan lainnya. Anda juga bisa menemukan moluska seperti kima raksasa (Tridacna gigas), ikan kepala kambing (Cassis cornuta), nautilus (Nautilus pompillius), dan tunikates atau askidian.


Sedikit TIPS:
Tanda masuk dan tiket dapat dibeli melalui operator wisata bahari di Manado dan di Taman Nasional Bunaken. Anda juga dapat membeli di salah satu dari tiga counter tiket di Bunaken dan desa-desa Liang di pulau Bunaken dan Siladen.

Pastikan Anda megunjungi Bunaken selama waktu terbaiknya yaitu antara bulan Mei hingga Agustus. Di bulan inilah Anda bisa menjelajahi keseluruhan taman laut yang indah ini. Namun, Anda harus menyadari bahwa selama musim pengunjung antara Juli dan Agustus biasanya akan sangat ramai. Banyak resor dan operator selam tidak akan dapat menerima wisatawan masuk pada waktu itu karena sudah penuh dipesan. Oleh karena itu, lebih baik melakukan pemesanan terlebih dahulu.

Perlu diingat juga bahwa arus air di Bunaken terkadang begitu kencang dan sukar diprediksi, jadi kurang cocok bagi penyelam pemula namun menantang bagi scuba divers.

Cobalah untuk menyewa peralatan dari perusahaan besar yang dapat diandalkan tapi ingat bahwa tanggung jawab untuk memeriksa perlatan tetap ada pada diri Anda sendiri.

Perkiraan Akomodasi:
Di Pulau Bunaken dan sekitarnya Anda bisa memilih penginapan dengan harga mulai dari Rp100,000,- per orang per hari hingga hotel bintang lima dengan tarif jutaan rupiah per malam. Beberapa operator selam di Bunaken menawarkan akomodasi lebih mahal tentunya dengan fasilitas memadai. Jika Anda ingin menginap di Pulau Bunaken kita bisa memilih cottage atau rumah tinggal yang banyak tersedia di sepanjang pantai. Semakin dekat dengan laut maka semakin mahal harga sewanya. Beberapa penginapan juga menawarkan harga paket termasuk makan tiga kali sehari.
Berikut ini adalah beberapa penginapan yang dapat menjadi pilihan.


Bastianos Bunaken Diving Resort
Pantai Liang, Pulau Bunaken, Sulawesi Utara
Tlp. (0431) 864025


MC Beach Resort Bunaken
Pantai Pangalisang, Pulau Bunaken
Tlp. 082192515055


Bunaken Kuskus Resort
Pantai Pangalisang, Pulau Bunaken
www.bunakenkuskusresort.com


Bunaken Beach Resort
Pantai Pangalisang, Pulau Bunaken
Tlp. 081340017575


Tanta Moon Luxury Villas
Pulau Siladen, Bunaken
Tlp. 08561428470

Anda juga dapat memilih tinggal di hotel di kota Manado dan kemudian memesan paket harian ke Bunaken. Biasanya berangkat pagi hari dan kembali di sore hari

Daftar Yang Kami Sediakan Bukan Berarti Mutlak Harus Kalian Ikuti, Jika Kalian Memiliki Pilihan Lain Yang Lebih Baik Untuk Masalah Penginapan Atau Pengeluaran Yang Akan Kalian Keluarkan Nanti Kenapa Harus Bingung ..

Sebelum Mulai Bepergian, Baca Nih Penting !!!:
# Pastikan Kalian Sudah Mengetahui Update Terbaru Dari Lokasi Tujuan Kalian Misalnya:
* Kondisi Terbaru Dari Area Wisata, Harga Penginapan Dan Jalan Yang Akan Kalian Tempuh
* Perkiraan Cuaca Yang Akan Terjadi Selama DiPerjalanan Dan DiArea Wisata
* Berhati - hatilah Kepada Calo" Di Area Wisata Kalian
* Pastikan Kalian Sudah Memiliki Perhitungan Uang Yang Akan Kalian Keluarkan Selama Kalian Berwisata

# Pastikan Juga Segala Kondisi Fisik Baik Itu Fisik Tubuh Kalian Ataupun Fisik Kendaraan Kalian:
* Jangan Pernah Berkendara Dalam Keadaan Bermain HP Ataupun Mengantuk (Bagi Pengendara/Pengemudi)
* Selalu Cek Keadaan Kendaraan Anda Sebelum Berangkat Pastikan Semua Dalam Keadaan Layak Berangkat
* Dan Yang Terpenting Selalu Berdoa Sebelum Memulai Keberangkatan Kalian

Satu Lagi Nih Yang Penting Harus Selalu Dilakuin !!!:
Selalu Jadilah Traveler Yang Baik, Yang Mengerti Tentang Tata Krama, Mengerti Tentang Menjaga Kebersihan. Bukan Yang Cuma Bisa Dateng Mengagumi Suatu Keindahan Terus Pulang Gitu Aja Tanpa Melihat Sekeliling Apakah Ada Sesuatu Yang Kalian Rusak Atau Sampah Yang Kalian Buang Sembarangan Secara Tidak Sadar. Sekali Lagi Jadilah "TRAVELER YANG BAIK"

Sumber Artikel: WonderfulIndonesia

0 komentar:

Posting Komentar