Indonesia. Inilah Negeriku Dengan Sejuta Keindahan Didalamnya, Keindahan Akan Ragam Budaya Dan Alamnya Yang Tak Akan Pernah Ada Habisnya Untuk Dijelajahi. Disini Kamu Akan Menemukan Beberapa Keindahan Dari Indonesia Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui Dan Menunggu Untuk Dijelajah !!!

Minggu, 06 Maret 2016

Keindahan Pantai Sawarna

Nama pantai Sawarna barangkali tak banyak terdengar oleh kita. Padahal pantai yang terletak di Lebak, Banten ini mempunyai pesona yang cukup menarik. Sawarna menyajikan pantai yang landai dan pasir putih juga pohon - pohon nyiur yang melambai menambah daya tarik pantai ini.

Kondisi Pantai Sawarna sangat berbeda dengan tempat wisata pantai lain di Indonesia, khusunya di daerah Jawa Barat dan Banten. Pantai Sawarna punya keunikan tersendiri mulai dari keindahan pantai (ombak, hamparan pasir, cuaca, pemandangan), akses transportasi, jalur ekstrim, akses ATM, hingga cara berhadapan/berinteraksi dengan warga yang tinggal di sekitar pantai.

Lokasinya di pantai selatan, tepatnya di daerah Bawah, dari Pelabuhan Ratu Sukabumi, masih sekitar 4 jam ke arah barat, menuju provinsi Banten. Suasana pantainya masih sangat perawan, itu karena Pantai Sawarna agak sulit di akses. Tidak ada transportasi umum menuju ke sana. Pengunjung Pantai Sawarna, umumnya menggunakan motor atau mobil pribadi, dan kelihatannya, mereka adalah orang-orang menengah ke atas sehingga prilakunya lumayan ‘beradab’. Dan karena itu juga, Pantai Sawarna menjadi sangat eksklusif tetapi terbuka bagi siapa pun yang ingin berkunjung ke sana.

Di pagi dan sore hari, pas banget buat main di tepian pantai, waktunya pas banget, soalnya terik matahari masih belum terasa panas. Di siang hari, pas banget buat menikmati keindahan pantai sambil menikmati berbagai hidangan di bale-bale tradisional bernuansa pantai. Di malam hari, pas buat bakar-bakar ikan, jagung atau yang lainnya. 

Waktu pertama kalian lihat foto-foto Pantai Sawarna di internet pasti kalian agak bingung karena suasana pantainya berbeda-beda. Ternyata setelah kami berkunjung ke sana, Sawarna itu nama desa. Di desa Sawarna ada tiga tempat wisata pantai yang jaraknya berdekatan. Ada pantai pasir putih yang luas dan bersih, ada pantai karang da nada juga pantai perpaduan karang dan pasir dalam sebuah teluk. 

1. Pantai Ciantir, Sawarna.
2. Pantai Tanjung Layar, Sawarna.
3. Pantai Legon Pari, Sawarna.
4. Pantai Karang Taraje, Sawarna.
Inilah Contoh Keindahan Pantai - Pantai Tersebut:
Pantai Ciantir:



Pantai Tanjung Layar:



Pantai Legon Sari:



Pantai Karang Taraje:



Tips Perjalanan Menuju Pantai Sawarna
Poin Penting:
1. Rute dan Rintangan
2. Jalur-Jalur Super Ekstrim (Rawan Kecelakaan & Rawan Kejahatan)
3. Memperhitungkan Dana, Kendaraan, Peralatan dan Perbekalan
4. Pungutan Liar Membingungkan Sekaligus Merugikan
5. Tiba Di Waktu yang Tidak Tepat Sangat Berbahaya

Tiba Di Pantai Sawarna
Poin Penting:
1. Salah Tempat Parkir Bisa Jadi Kena Jebakan
2. Tukang Ojek Yang Memanfaatkan Ketidaktahuan Pengunjung
3. Salah Pilih Penginapan Bisa Menderita
4. Pilih Makanan

Menjelajah Pantai Sawarna
Poin Penting:
1. Apa perlu pake Ojek? Jika Perlu Berhati - Hatilah Dengan Harganya Karna Ingat Mereka Bisa menembak Harga !!!
2. Kemana dulu kita mulai berwisata di Sawarna?

Jangan Sampai Pengalaman pertama kalian berwisata ke Pantai Sawarna jadi berantakan gara-gara masalah penginapan. Salahnya, jangan terlalu mengandalkan informasi dari internet yang ternyata hampir sebagian besar iklannya dibikin sama calo, alhasil, harganya gak karuan, gak sebanding dengan fasilitas yang akan kalian dapet.

Pantai Sawarna itu banyak penginapan yang umumnya berada di permukiman warga desa Sawarna yang jaraknya lumayan jauh, sekitar 500 m - 1 km dari tepi pantai. Tapi memang tidak ada pilihan lain karena tidak ada penginapan atau homestay yang dekat ke pantai.

Tapi kalo rombongan kalian pada masih bujangan, saran kita, mending nginep di bale-bele yang ada di tepi pantai. Di sana banyak bale-bale (saung) yang disewain sama pemiliknya. Semuanya pada ngadep ke pantai! Mantap, murah pula dengan kisaran Harga mulai dari 150.000 s/d 400.000 !!!

Sebelum Mulai Bepergian, Baca Nih Penting !!!:
# Pastikan Kalian Sudah Mengetahui Update Terbaru Dari Lokasi Tujuan Kalian Misalnya:
* Kondisi Terbaru Dari Area Wisata Dan Jalan Yang Akan Kalian Tempuh
* Perkiraan Cuaca Yang Akan Terjadi Selama DiPerjalanan Dan DiArea Wisata
* Berhati - hatilah Kepada Calo" Di Area Wisata Kalian
* Pastikan Kalian Sudah Memiliki Perhitungan Uang Yang Akan Kalian Keluarkan Selama Kalian Berwisata

# Pastikan Juga Segala Kondisi Fisik Baik Itu Fisik Tubuh Kalian Ataupun Fisik Kendaraan Kalian:
* Jangan Pernah Berkendara Dalam Keadaan Bermain HP Ataupun Mengantuk (Bagi Pengendara/Pengemudi)
* Selalu Cek Keadaan Kendaraan Anda Sebelum Berangkat Pastikan Semua Dalam Keadaan Layak Berangkat
* Dan Yang Terpenting Selalu Berdoa Sebelum Memulai Keberangkatan Kalian


Satu Lagi Nih Yang Penting Harus Selalu Dilakuin !!!:
Selalu Jadilah Traveler Yang Baik, Yang Mengerti Tentang Tata Krama, Mengerti Tentang Menjaga Kebersihan. Bukan Yang Cuma Bisa Dateng Mengagumi Suatu Keindahan Terus Pulang Gitu Aja Tanpa Melihat Sekeliling Apakah Ada Sesuatu Yang Kalian Rusak Atau Sampah Yang Kalian Buang Sembarangan Secara Tidak Sadar. Sekali Lagi Jadilah "TRAVELER YANG BAIK"

Sumber Artikel:
1. Kaskus
2. Info-Wisata-Pantai

0 komentar:

Posting Komentar